Mossad, Tak Sehebat yang Dibayangkan

Mossad, agen rahasia Israel ini ditakuti banyak negara. Kejam dan tiada ampun bila beroperasi. Namun, dari sisi kemampuan, sebenarnya mereka belum seberapa.


Hidayatullah.com–M Stansfield Turner, Kepala CIA 1977-1981, menggambarkan bahwa Mossad memiliki kemampuan sedang-sedang saja. Mereka hanya unggul dalam publikasi. Singkat kata, Stansfield memberi nilai ’lumayan’ kepada Mossad.

Berbeda dengan penilaian Khalid Misy’al, aktivis Hamas yang pernah menjadi target pembunuhan Mossad. Dia malah menilai Mossad adalah intelijen yang berantakan.

Tidak ada yang salah dari penilaian di atas. Mossad memang tak sehebat yang dibayangkan. Dinas intelijen ini pernah berbuat ceroboh ketika memalsu paspor. Beberapa kali juga tertangkap oleh otoritas negara lain karena usaha ini. Beberapa kali salah sasaran. Bahkan dua agen Mossad pernah mengalami nasib seperti pelaku kriminal jalanan. Mereka ditangkap masa di Yordania.

Bagaimana gambaran selengkapnya, silanhkan buka artikel dalam kategori Intilijen yang di copy dari situs hidayatullah.com

[Thoriq/Sahid/hidayatullah.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: