Tentang Neraka

Penjaga neraka
Para malaikat yang menjaga neraka sangat kuat, mereka tidak akan bermaksiyat kepada Allah yang telah menciptakan mereka, mereka akan mengerjakan apa yang diperintah kepada mereka. Jumlah malaikat penjaga neraka ada 19 malaikat.

Aku akan memasukkannya ke dalam [neraka] Saqar. (26) Tahukah kamu apa [neraka] Saqar itu? (27) Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan (28) [Neraka Saqar] adalah pembakar kulit manusia. (29) Di atasnya ada sembilan belas [malaikat penjaga]. (30) (al muddatsir: 26:30).

Sifat – sifat neraka
para ulama berbeda pendapat tentang posisi neraka. Sebagian berpendapat neraka ada bumi yang paling bawah, sebagian yang lain berkata bahwa neraka berada di langit. Sebagian yang lain berpendapat “at tawaqquf”, dan yang ketiga inilah yang lebih dekat pada kebenaran. Karena tidak ada nash shorih dan shahih yang menentukan tempatnya.
neraka sangat luas, dan sangat dalam. Hal ini terbukti dengan berbagai bukti, diantaranya: banyaknya orang-orang yang tidak terhitung yang akan masuk neraka. Belum lagi bentuk penciptaan orang-orang yang masuk neraka juga sangat besar, satu giginya sebesar gunung uhud, jarak di antara dua pundaknya yaitu jarak perjalanan selama tiga hari. Meskipun begitu, neraka masih mampu mampu dan masih cukup luas untuk menampung mereka. [Dan ingatlah akan] hari [yang pada hari itu] Kami bertanya kepada Jahannam: “Apakah kamu sudah penuh?” Dia menjawab: “Masih adakah tambahan?” ( surat Qaf: 30). Bukti yang lain juga, bahwa jika satu batu dilemparkan ke neraka ia membutuhkan waktu yang sangat lama untuk sampai ke dasarnya.
derajat neraka. Satu neraka dengan neraka yang lain berbeda-beda kadar panasnya.
neraka mempunyai tujuh pintu. Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka [pengikut-pengikut syaitan] semuanya. (43) Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu [telah ditetapkan] untuk golongan yang tertentu dari mereka. (al Hijr : 43-44). Pintu-pintu ini terkadang dibuka terkadang ditutup sebelum hari qiyamat terjadi.
bahan baker neraka. Batu-batuan, orang-orang kuffar, mereka akan menjadi bahan baker neraka. Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu;…(at tahrim : 6). Tuhan-tuhan yang disembah selain Allah juga akan menjadi bahan bakar nereka. Sesungguhnya kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah, adalah umpan Jahannam, kamu pasti masuk ke dalamnya. (98) Andaikata berhala-berhala itu tuhan, tentulah mereka tidak masuk neraka. Dan semuanya akan kekal di dalamnya. ( Al Anbiya: 98-99)
Neraka sangat panas, asapnya juga sangat dahsyat. Dan golongan kiri, siapakah golongan kiri itu. (41) Dalam [siksaan] angin yang amat panas dan air yang panas yang mendidih, (42) dan dalam naungan asap yang hitam. (43) Tidak sejuk dan tidak menyenangkan. (Al waqiah :41-44)
neraka dapat melihat dan dapat berbicara.

· Neraka akan kekal dan tidak akan hancur
Aqidah ahlus sunnah wal jamaah, bahwa neraka akan kekal dan tidak akan hancur, dan penduduknya juga kekal. Tidak akan yang keluar darinya kecuali orang-orang ahli tauhid yang melakukan ma’siyat. Sedangkan kaum musyrikin dan kafir mereka akan kekal di dalam neraka.

Penduduk neraka dan maksiyat yang dilakukannya.
penduduk yang kekal. Diantara yang menyebabkan kekekalan di neraka yaitu;
kufur dan syirik
tidak menjalankan kewajiban-kewajiban syariat disertai dengan pengingkaran kewajiban tersebut, juga pengingkaran terhadap hari pembalasan.
Kemunafikan
2. orang-orang yang secara personal akan masuk neraka. Orang-orang kafir dan musyrik akan masuk neraka. Di antaranya, Firaun pada zaman nabi Musa, istri Nabi Nuh dan istri Nabi Luth, Abu Lahab dan istrinya.
3. jin-jin yang kafir masuk neraka.

· Orang-orang yang tidak kekal di neraka.
Mereka adalah orang-orang yang masuk neraka, lalu dikeluarkan darinya. Mereka yaitu orang-orang ahli tauhid yang tidak melakukan syirik, tetapi mempunyai dosa-dosa banyak yang melebihi amal kebaikannya, hingga ringan timbangannya. Mereka akan masuk neraka dalam kurun waktu yang hanya Allah yang Tahu dengannya, lalu keluar dengan syafaat orang-orang yang memberika syafaag. Dan Allah dengan rahmatNya juga akan mengeluarkan dari neraka orang-orang yang tidak berbuat kebaikan sama sekali. Diantara dosa-dosa yang menyebabkan pelakunya masuk neraka:
1. kelompok yang “mukholif lis sunnah”.
2. orang-orang yang tidak adil dalam memutuskan perkara.
3. bohong terhadap rasulullah
4. sombong
5. membunuh orang tanpa haq.
6. pemakan riba.
7. pemakan harta orang secara batil.
8. penggambar yang ingin menandingi ciptaan Allah.
9. wanita-wanita yang berbaju tetapi telanjang
10. orang-orang yang mencambuk tanpa haq.
11. orang-orang yang menyiksa hewan.
12. tidak ikhlas dalam menuntut ilmu
13. orang-orang yang minum dalam bejana emas dan perak
14. orang yang bunuh diri

· penduduk neraka sangat banyak.
Nash-nash menunjukkan bahwa penduduk yang masuk neraka sangat banyak, dan yang masuk surga sedikit. Disebutkan juga bahwa tiap seribu orang hanya satu orang yang masuk surga, 999 lainnya masuk neraka. Yang terbanyak masuk neraka adalah kaum wanita.

Makanan penduduk neraka dan minuman mereka.
Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, (6) yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar. ( Al ghosyiyah: 7). Sesungguhnya pohon zaqqum itu (43) makanan orang yang banyak berdosa. (44) [Ia] sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, (45) seperti mendidihnya air yang sangat panas. (Ad dhukhon: 46). Makanan yang lain yaitu nanah dan darah. Maka tiada seorang temanpun baginya pada hari ini di sini. (35) Dan tiada [pula] makanan sedikitpun [baginya] kecuali dari darah dan nanah. (36) Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang berdosa. (Al Haqqah: 35-37). Sedangkan minumannya yaitu air yang sangat panas. ….orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya? (Muhammad:15)

Sebagian penduduk neraka diberi makanan bara api sebagai balasan yang setimpal.
Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala [neraka]. ( an nisa: 10).
Sedangkan pakaian mereka adalah potongan dari api. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. (Al Hajj: 19)

KEDAHSYATAN SIKSA YANG AKAN DITERIMA
OLEH PENDUDUK NERAKA

Adzab di neraka sangat dahsyat hingga penduduknya ingin mengorbankan apa yang bisa dikorbankan dalam rangka bebas dari adzab neraka. Macam-macam siksa neraka:
Derajat adzab neraka antara satu orang berbeda dengan yang lainnya. Rasulullah bersabda: “sebagian mereka, apinya sampai ke mata kaki, sebagian yang lain sampai lutut,…”. “sesungguhnya adzab neraka yang paling ringan yaitu bara api yang diletakkan di telapak kaki hingga mendidih ubun-ubunnya”.
Pembakaran kulit hingga matang. Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (An Nisa: 56)
· Penghancuran dengan air yang mendidih. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. (19) Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit [mereka]. (20) Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi. (Al Hajj: 19-21)
Diseret dengan muka dibawah.
Sesungguhnya orang-orang yang berdosa berada dalam kesesatan [di dunia] dan dalam neraka. (47) [Ingatlah] pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. [Dikatakan kepada mereka]: “Rasakanlah sentuhan api neraka”. (Al Qamar: 47-48)
Muka menjadi hitam. pada hari yang di waktu itu ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka yang hitam muram. Adapun orang-orang yang hitam muram mukanya [kepada mereka dikatakan]: “Kenapa kamu kafir sesudah kamu beriman? Karena itu rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu”. (ali Imran: 106).
Penduduk neraka akan dibelenggu dengan rantai. Sesungguhnya Kami menyediakan bagi orang-orang kafir rantai, belenggu dan neraka yang menyala-nyala. (al Insan: 4).

Sumber : ummuasiya.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: