Adab Tidur Rasullah SAW.

Tidur adalah karunia Allah bagi manusia.  Oleh karenanya ikuti adab tidur yang dicontohkan oleh Rasulullah.

  1. Qoylullah adalah istirahat di pertengahan siang, dilakukan setelah sholat zuhur/sholat jum’at.   Istirahat ini bisa dilakukan tanpa harus tidur.  Kebiasaan ini dilakukan oleh para sahabat nabi.
  2. Tidur di awal malam setelah sholat Isya, bangun lagi pada awal sepertiga malam.  Rasulullah berbincang dulu dengan istrinya sebelum tidur.
  3. Rasul membenci tidur sebelum waktu isya (khawatir kebablasan hingga paginya), dan membenci bercakap-cakap yang tanpa manfaat setelah sholat isya.
  4. Menutup pintu, mematikan api/lampu dan menutup piring2 makanan dan minuman.  Perintah menutup pintu sebelum tidur di mengandung kebaikan duniawi dan ukhrowi yaitu menjaga diri dan harta dari orang-orang yang hendak berbuat jahat terlebih lagi dari syetan.
  5. Berwudhu, agar berada dalam keadaan suci bila sewaktu-waktu dipanggil ke hadiratNya dalam keadaan tidur.  Juga akan menjauhkan kita dari gangguan syetan dan dijauhkan dari rasa takut.
  6. Mengebuti tempat tidur dengan ujung sarung/selimut sebanyak 3 kali, dengan membaca bismillah untuk mengusir serangga atau makhluk gaib yang berada di atasnya.  Bila dia bangun dari tempat tidur dan hendak tidur kembali, maka perlu mengebuti ulang.  Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda :  Apabila salah seorang dari kalian hendak tidur maka kebutilah tempat tidurnya dengan ujung sarungnya karena sesungguhnya ia tidak tahu apa yang akan menimpa kepadanya. Aku nyari-nyari pengebut tempat tidur atau kasur yang pernah dimiliki nenek jaman dulu, just for nostalgia sake, dan supaya dapat melaksanakan sunnah rosul.  Dapatnya seperti ini:
  7. Larangan tidur satu selimut antara laki-laki dengan laki-laki (dewasa), perempuan dengan perempuan (dewasa).
  8. Berbaring ke sisi kanan, posisi tangan kanan di tekuk di bawah pipi kanan.  Posisi tidur seperti ini paling bagus untuk manusia, karena organ-organ dalam tubuh tidak saling bertumpang tindih, semua pada tempatnya.
  9. Membaca ayat Kursi, surat Al-Ikhlas,  Al-Falaq,  Annas, dan 2 ayat terakhir Al-Baqoroh.  Akan menjauhkan manusia dari segala gangguan.
  10. Membaca doa sebelum tidur, “Bismika Allahumma ahya, wa bismika aamuut”.

Sumber : qomm.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: