Pintu Surga dan Macam – Macamnya

Ibnu Abbas ra. Berkata: Rasulullah SAW. bersabda: Surga mempunyai 8 buah pintu; Pintu yang pertama untuk para Nabi, para rasul, para syuhada’ dan para dermawan. Pintu kedua untuk orang yang menjalankan shalat denganmenyempurnakan syarat rukunya, Pintu ketiga untuk orang yang seallu memberikan kewajiban zakatnya, Pintu keempat untuk orang yang amr ma’ruf nahi munkar(mengajak pada kebajikan dan mencegah kemungkaran). Pintu kelima untuk orang yang tidak pernah mengumbar hawa nafsu dan syahwatnya.pintu keenam untuk orang yang menjalankan ibadah haji dan umrah. Pintu ketujuh untuk orang yang jihad fi sabilillah(berjuang di jallan Allah). Dan pintu kedelapan untuk orang yang takut kepada Allah serta ahli berbuat amal kebajikan.
Macam-macam surga ada 8 macam, yaitu :
1) DARUL JALAL, yaitu durga yang diciptakan dari mutiara yang putih.
2) DARUS SALAM, yaitu surga yang diciptakan dari yaqut merah.
3) JANNATUL MA’WA, yaitu surga yang diciptakan dari zabarjud ylang hijau.
4) JANNATUL KHULDI, yaitu surga yang diciptakan dari marjan yang berwarna merah dan kuning.
5) JANNATUL NA’IM, yaitu surga yang diciptakandari perak putih.
6) JANNATUL FIRDAUS, yaitu surga yang diciptakan dari emas merah.
7) JANNATU’ADN, yaitu surga yang diciptakan dari intan putih.
8) DARUL QADAR, yaitu surga yang diciptakan dari emas merah.
Darul Qarar adalah surga yang paling indah dibandingkan dengan surga yang lain. Surga ini memunyai dua pintu dan dua daun pintu, satu daun pintu terbuat dari emas, dan yang satunya terbuat dari perak. Jarak antara setiap pintu adalah sebagaimana jarak antara bumi dan langit. Adapun bangunan yang ada di dalamnya terbuat dari bata emas dan beta perak, tanahnya dari miik, debunya dari anbar, rumputnya dari za’faran, keriilnya dari mutiara, istaana istananya dari yaqut dan pintunya dari jauhar.

Agama Islam Jadi Mata Pelajaran Resmi di Sekolah-Sekolah Umum Jerman

Upaya yang dilakukan oleh komunitas Muslim agar sekolah-sekolah di Jerman juga memberikan pelajaran agama Islam, membuahkan hasil. Mendagri Jerman Wolfgang Wolfgang Schaeuble menyatakan pemerintah setuju untuk menjadikan agama Islam sebagai mata pelajaran formal di sekolah-sekolah, seperti mata pelajaran agama lainnya seperti Katolik, Protestan dan Yahudi yang sudah sejak lama diberlakukan di sekolah-sekolah umum di Jerman.

Pelajaran agama Islam di sekolah-sekolah umum dan tersedianya departemen agama Islam di universitas-universitas adalah salah satu rekomendasi yang diajukan Konferensi Islam Jerman (DIK), sebuah lembaga yang dibentuk pemerintah Jerman pada tahun 2006 untuk menjembatani dialog antara pemerintah dengan komunitas Muslim di negeri itu.

Untuk mewujudkan rekomendasi itu, DIK sudah melakukan dialog dengan pemerintah Jerman selama empat tahun dan baru disetujui tahun 2009 ini.

“Penting bagi kami untuk mengimplementasikan rekomendasi-rekomendasi dari Konferensi Islam Jerman, untuk meningkatkan integrasi warga Muslim di Jerman,” kata Schaeuble, Kamis (25/6)

“Status akademis diperlukan karena di Jerman, pendidikan agama Islam bisa menjadi jawaban yang tepat atas isu-isu yang berkaitan dengan kehidupan Muslim yang tersebar di seluruh dunia dan partisipasi Muslim dalam wacana-wacana politik,” sambung Schaeuble.

Menurut data pemerintah Jerman, jumlah warga Muslim di Jerman sekitar 4,3 juta orang atau 5 persen dari total penduduk negara itu. Jumlah itu satu juta lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Studi yang dilakukan Federal Office for Migration and Refugees (BAMF) menyebutkan bahwa citra warga Muslim di Jerman cukup baik dan pada umumnya komunitas mudah berintegrasi dengan masyarakat setempat.

Tapi, para orangtua Muslim di Jerman, kerap menemui kesulitan untuk menyekolahkan anaknya, karena sekolah-sekolah umum di Jerman tidak memberikan mata pelajaran agama Islam.

Untuk itu sejumlah pemuka Islam di Jerman bersama DIK mengajukan dialog dan memberikan empat rekomendasi pada pemerintah untuk mengakomodasi kebutuhan warga Muslim. Selain soal pelajaran agama Islam di sekolah umum, DIK memberikan rekomendasi agar mengijinkan siswi Muslim berjilbab di sekolah. (ln/iol)

Media islam rujukan (Era muslim)

banjar-jabar.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: